Selasa, 01 April 2008

Permasalahan yang terjadi pada anak SMP Kelas VII

Permasalahan pad Anak SMP Kelas VII


Perkembangan adalah suatu proses yang dilalui oleh setiap individu dalam seumur hidup. Perkembangan remaja terbagi menjadi tiga yaitu: Perkembangan remaja awal, madya dan akhir. Perkembangan yang terjadi pada anak SMP Kelas VII merupakan perkembngan remaja awal, sekitar umur 11/12 sampai 13/14 tahun.


Lalu permasalahan apa yang sering terjadi pada masa Remaja Awal, terutama pada Anak SMP Kelas VII?



Sub Tugas Perkembangan: Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadp perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat.

Bidang Bimbingan: Bimbingan Pribadi.

Rumusan Kompetensi:

1. Memahami perubahan fisik dan psikisnya yang terjadi pada diri sendiri.

2. Menerima perubahan fisik dan psikisnya yang terjadi pada diri sendiri.

3. Memahami pola hidup sehat.

4. Menjalankan pola hidup sehat.

Materi Pengembangan Kompetensi:

1. Fakta perubahan fisik dan psikis remaja.

2. Contoh-contoh sikap peneriman terhadap perubahan fisik dan psikis

3. a. Konsep pola hidup sehat.

b. Contoh-contoh pola hidup sehat

4. a. Cara-cara upaya mengembangkan kondisi hidup sehat.

b. Praktik cara-cara mengupayakan pengembangan kondisi hidup sehat.


Perkembangan yang sering nampak pada anak SMP Kelas VII di sekolah, yang merupakan peralihan dari masa kanak-kanak (SD) ke masa remaja awal (SMP) yang diperkirakan sekitar umur 11/12 sampai 13/14 tahunmulai memiliki permasalahan atau gejala yang beragam. Masa anak-anak yang akan menginjak masa remaja awal dianggap sebagai gejala (masa negatif).
Permasalahan:
  • Anak SMP kelas VII yang mulai mengalami perubahan jasmaninya yang nampak dari luar dan perubahan organisnya yang dengan cepat menuju masa kematangan, harus sudah siap. (pada anak perempuan menstruasi yang pertama).
  • Kondisi anak itu yang tidak tenang, mudah lelah, bersikap aneh dan risau, suasana hati yang murung dan pesimistik, membuat anak menjadi malas untuk bekerja atau belajar dan tidak mau untuk bergerak (aktif).
  • Anak yang terkadang salah dalam menyikapi dirinya sendiri karena terjadinya perubahan yang secara tiba-tiba.

Solusinya:

Sebagai seorang guru, perubahan yang terjadi pada diri anak didiknya dalam rangka memsuki masa remaja awal, maka harus ditangani dengan serius, butuh penanganan khusus agar tidak terjadi kesalahan untuk kedepannya. Seorang guru dengan sikap terbuka dan lembut harus menjelaskan secara matang tentang tugas-tugas perkembangan yang terjadi pada saat itu dan memberikan pengarahan secara benar tentang perkembangan yang terjadi pada dirinya juga sikapnya. Seorang guru juga harus menanamkan ajaran atau kaidah-kaidah tentang ajaran agama karena akan mempengaruhi sikap dan hubungan dalam bergaul (sosialnya) di masyarakan. dan anak itu juga harus memahami bahw sudah muai berfungsinya (matang) organ-organ seksualnya.